Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-XXIV di Provinsi Lampung

  • Bidang: Bidang Fasilitasi Pembangunan Desa
  • Tanggal: 13 Juni 2023
  • Penulis: Ridhona Herdian. ST MM

Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-XXIV di Provinsi Lampung


Lampung, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, membuka secara resmi kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) Ke-XXIV di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Lampung, Rabu, 7 Juni 2023.

Dalam sambutanya Abdul Halim Iskandar yang sering disapa Gus Halim menegaskan pentingnya teknologi tepat guna dalam pembangunan desa. Teknologi tepat guna diharapkan bisa mengolah semua potensi yang ada di desa. Desa haruslah terus belajar teknologi tepat guna dengan tetap menjaga budaya lokal.

"Oleh karena itu dana desa juga digunakan untuk pelatihan dan pengadaan teknologi tepat guna. Utamanya yang dibutuhkan pelaku usaha di desa. Hal ini berkesesuaian dengan SDGs Desa tujuan ke-18, yakni kelembagaan desa dinamis, budaya desa adaptif," kata Gus Halim.

Lebih lanjut Gus Halim menambahkan, pada tahun 2022, Kemendes PDTT melakukan penyegaran logo Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara dengan memilih lebah. Filosofinya disimbolkan oleh lebah yang sudah teruji sangat bermanfaat, disampaikan dalam ayat-ayat suci dari Tuhan, hingga keluar sebagai hasil penelitian laboratorium.

Kemanfaatan produk lebah dirasakan lingkungan sekitarnya, seperti bunga yang dibuahi, juga madu dan sarangnya bagi manusia yang sakit.

"Lebah menyimbolkan teknologi yang harus bisa bermanfaat, dan berguna bagi warga desa," sebut Gus Halim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu, H. R.A. Denni, yang turut hadir dalam acara pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara Ke XXIV di Bandar Lampung mengatakan bahwa, Pemerintah Bengkulu yang diwakili oleh DPMD Provinsi Bengkulu turut ikut serta dalam TTGN ini dengan membawa alat-alat teknologi tepat guna unggulan yang diciptakan oleh putra-putra terbaik Bengkulu.

"Di stand Provinsi Bengkulu kami menampilkan alat-alat teknologi tepat guna unggulan dan berbagai produk-produk UMKM khas Bengkulu yang dikelola oleh Bumdes," ujar Denni.

Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) Ke-XXIV dilaksanakan dari tanggal 7-10 Juni 2023 dengan berbagai rangkaian kegiatan antara lain Gala dinner, Lokakarya, Rakornis, Widyawisata, Temu Bisnis dan Pentas Seni dan Budaya.