The Latest

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu mengikuti Futsal Tournament Competition OPD 2022 dalam Rangka Hari Olahraga Nasional ke 39 bertempat di lapangan Planet Futsal Bengkulu, Senin 12 September 2022.

 

Seluruh OPD Pemerintah Provinsi Bengkulu diwajibkan mengikuti turnamen futsal dengan pemperebutkan Piala Gubernur ini. Kegiatan yang digelar salah satunya untuk memeriahkan HAORNAS 2022 ini juga untuk ajang silahturahmi antar OPD.

 

Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu R.A Denni mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan turnamen futsal ini.

 

"Ini sebagai sarana bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Bengkulu dalam saling bersilahturahmi dengan OPD lainnya."

 

"Melalui kegiatan ini mari kita mengikuti dan memeriahkan untuk memperebutkan Piala Gubernur," sambungnya.

 

"Untuk menang kalahnya itu urusan belakangan, yang penting tetap junjung tinggi sportifitas dan menjadi ajang silahturahmi kita untuk kelancaran kegiatan ini," tutup Denni.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bengkulu menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Program Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa se Provinsi Bengkulu betempat di Nala Sea Hotel Bengkulu, Senin 13 Juni 2022.

Dinas PMD Bengkulu memfasilitasi Dinas PMD Kabupaten/Kota dan Bappeda se Provinsi Bengkulu untuk menyatukan visi dan misi dalam melaksanakan program prioritas provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) R.A. Denni mengatakan bahwa tujuan dari rakor ini untuk menyatukan sudut pandang untuk melaksanakan program-program yang dicanangkan oleh Dinas PMD Bengkulu.

“Pada kesempatan ini mari kita saling bertukar pikiran agar memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun desa yang mandiri,” terang Denni.

Banyak potensi-potensi yang ada di desa, kata Denni, yang belum bisa dimanfaatkan dengan baik. Seperti daerah perkebunan, perikanan, produk rumah tangga, dll.

“Maka dari itu kita sebagai unsur pemerintah yang membidangi desa harus mampu memfasilitasi masyarakat desa supaya dapat membangun perekonomian yang ada di desa,” pungkas Denni.

Dinas PMD Bengkulu Teken MoU dengan BPOM

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bengkulu menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Jumat, 03 Juni 2022.

MoU kedua lembaga ini terkait kerjasama kegiatan dalam mengedukasi, memfasilitasi, dan mendampingi desa dalam pemberian izin yang berstandar BPOM dari hasil Bumdes dan hasil UP2K di Desa.

Kepala Dinas PMD Bengkulu R.A Denni mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan antara Dinas PMD Bengkulu dan BPOM Bengkulu.

"Ini sebagai sarana bagi BUMDes dan UP2K agar dapat mempermudah dalam mendapatkan izin dari BPOM," terang Denni.

"Melalui penandatanganan MoU ini produksi rumahan yang ada di desa nantinya mendapatkan penyuluhan dari BPOM tentang standarisasi produk makanan yang beredar telah memenuhi standar dan persyaratan keamanan, manfaat, dan juga mutu produk yang ditetapkan serta tindakan penegakan hukum," sambungnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bengkulu dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Joni Iddris melepas para Praja IPDN yang telah selesai melaksanakan magang di Dinas PMD Bengkulu, Senin 30 Mei 2022

Dalam kesempatan ini, Dinas PMD Bengkulu mengucapkan terima kasih atas kontribusi yang telah di berikan oleh Praja IPDN ini dalam melaksanakan tugas magang.

“Praja IPDN ini adalah calon penerus penggerak birokrasi yang ada di pemerintahan. Mereka dilatih dan didik di sekolah pemerintahan dan diharapkan menjadi pimpinan di masa yang akan datang,” jelas Joni.

Tahun ini Praja IPDN Tingkat III melakukan kegiatan magang pada instansi-instansi pemerintahan yang ada sesuai dengan asal pendaftaran daerah meraka berasal baik di Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Saya berharap mereka mendapatkan pengalaman bekerja di Instansi Pemerintahan, sehingga mereka memahami siklus administrasi yang ada di pemerintahan sebelum nantinya dilantik menjadi ASN,” tegas Joni.

Seretaris Dinas (Sekdis) PMD Bengkulu Agnes Fitriansyah beserta rombongan melaksanakan monitoring langsung terhadap Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Mukomuko pada Selasa, 17 Mei 2022.

Hal ini sesuai dengan hasil kunjungan kerja Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Mukomuko ke Dinas PMD Bengkulu sebelumnya terkait dengan kegiatan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Mukomuko sebanyak 64 Desa.

Salah satu isi kesepakatannya adalah siap menyukseskan Pilkades Serentak dengan melakukan monitoring langsung agar tidak ada kecurangan-kecurang yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

Hal ini ditegaskan Agnes Fitriansyah usai menyaksikan langsung proses Pemilihan Kepala Desa di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kantor Desa Selagan Jaya Kecamatan Mukomuko.

“Kami berkomitmen ikut membantu dan menyukseskan acara ini agar berjalan dengan sukses, dan meminimalisir konflik-konflik pada saat penetapan Kepala Desa terpilih nantinya,” tutup Agnes.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bengkulu R.A. Denni melakukan silahturahmi ke rumah Mantan Kepala Dinas PMD Bengkulu dan mantan-mantan pejabat PMD, Rabu 11 Mei 2022.

Hal ini dilaksanakan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri untuk memperkuat tali silaturahmi kepada para mantan pejabat PMD.

“Dinas PMD tidak akan melupakan jasa-jasa yang telah diberikan oleh mantan Kepala Dinas ini,” terang Denni.

“Banyak hal-hal yang bersifat membangun yang harus dipertahankan untuk menjalankan roda birokrasi di Dinas PMD ini, sehingga Dinas PMD Bengkulu dapat lebih baik ke dapannya,” tegas Denni.

“Kegiatan seperti ini akan dilakukan setiap tahunnya, guna menjaga tali silahturahmi," tutup Denni

Kadis PMD Bengkulu Lepas Anak-Anak Magang

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) R.A. Denni di damping oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa Fevri Herlina melepas Siswa yang telah selesai melaksanakan kegiatan magang di Dinas PMD Provinsi Bengkulu, Kamis 7 April 2022

Pada kesempatan ini Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kontribusi dari siswa-siswi yang telah menimba ilmu di Dinas PMD Provinsi Bengkulu.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini yang dilakukan Siswa-Siswi SMK ini dapat bermanfaat untuk memahami dan mempelajari administarsi yang ada di Dinas PMD ini” Jelas Denni

“Apa yang telah mereka lihat dan pelajari dari kegiatan magang ini, dapat di implementasikan pada saat mereka memasuki dunia kerja nantinya” terang Denni

“Dan Kedepannya saya berharap siswa-siswi ini lah yang jadi penerus dari tongkat estapet di dunia birokrasi ini, ambil pelajaran yang baiknya yang ada di dinas PMD ini dan semoga mereka sukses kedepannya” tutup Denni

KERJA SAMA DESA UNTUK KEGIATAN AIR MINUM

 

Dalam rangka mempercepat perwujudan 100 % akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat, perlu dicarikan strategi agar Pemerintah Desa dapat berperan lebih optimal guna kesinambungan program peyediaan air minum dan sanitasi di Desa, apalagi jika dikaitkan dengan kegiatan Pamsimas III yang tentunya juga akan berakhir, maka Pemerintah Desa diharapkan dapat melanjutkan kegiatan ini menggunakan platform Pamsimas dengan cara mengintegrasikan PJM ProAKSi dan RKM ke dalam RPJM Desa dan RKP Desa

Strategi untuk mensiasati hambatan yang dialami oleh Pemerintah Desa dalam melakukan dukungan terhadap pemanfaatan, pemeliharaan dan pengembangan terhadap SAM yang telah dibangun masyarakat pada program Pamsimas dapat mengunakan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2017 tentang Tata Cara Kerja sama Desa di Bidang Pemerintahan Desa

Penyediaan air minum dan sanitasi merupakan tanggungjawab semua pihak, khususnya di desa, karena hal itu merupakan kewenangan desa berskala lokal desa. Pada Desa lokasi Pamsimas terdapat Sarana air minum dan sanitasi yang dimiliki dan dikelola oleh masyarakat (KPSPAMS) yang mengalami kesulitan untuk mengakses pendanaan dari APB Desa

Pemerintah Desa juga mengalami kendala untuk menyalurkan pendanaan melalui KPSPAMS, karena APB Desa tidak boleh dipakai untuk mendanai sarana yang bukan merupakan aset desa.

Kerja-sama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi” adalah kesepakatan bersama antar-desa dan/atau dengan pihak ketiga yang dibuat secara tertulis untuk kegiatan pembangunan dan/atau pengembangan dan/atau pemeliharaan sarana penyediaan air minum dan sanitasi yang merupakan kewenangan desa yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dasar masyarakat desa serta menimbulkan hak dan kewajiban para pihak.

            Perbedaan kerja sama dan integrasi dalam kasus KPSPAMS kerja sama:antara KPSPAMS dan desa dilakukan apabila KPSPAMS tersebut mandiri dan tidak bergabung dengan sistem kelembagaan desa. Apabila kpspams melebur menjadi bagian dari kelembagaan desa seperti menjadi lkd, bumdesa atau lainnya. maka ini disebut integrasi/melebur/ bergabung dan sarananya dihibahkan ke desa sesuai prosedur.selanjutnya untuk keberlanjutannya menjadi tanggungjawab pemerintah desa.

Prinsip Kerja sama Desa Untuk Kegiatan Air Minum dan Sanitasi, saling membutuhkan, saling mendukung dan menguatkan, saling menguntungkan

Dasar Kerja sama Desa Untuk Kegiatan Air Minum dan Sanitasi adalah adanya kebutuhan yang dirasakan oleh Pemerintah Desa maupun Pihak Ketiga (KKM/KPSPAMS atau lainnya) yang akan bekerja sama untuk kegiatan air mium dan sanitasi dan adanya persoalan intern dan ekstern di Desa terkait dengan pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi; Kegiatan yang dijalankan dapat memberikan manfaat yang nyata yang bersifat ‘Mutual benefit’ bagi Pemerintah Desa maupun Pihak Ketiga (KKM/KPSPAMS atau lainnya)

 

Sarana air minum dan sanitasi yang ada di Desa, jika dilihat dari sisi Pemerintahan Desa, maka status kepemilikan asetnya dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua), yaitu: SAMS milik Desa dan SAMS bukan milik Desa.

SARANA AIR MINUM DAN SANITASI (SAM) milik desa

  • Sarana air minum dan sanitasi yang merupakan milik Desa dapat berasal dari:
  • Pertama Sarana yang dibangun oleh Pemerintah Desa dengan menggunakan sumber pendanaan dari APB Desa, Kedua Sarana yang diperoleh dari hibah pihak lain kepada Desa, dalam hal ini termasuk sarana air minum dan sanitasi yang telah diserahkan/ dihibahkan oleh KKM/KPSPAMS kepada Pemerintah Desa dan sudah dicatatkan dalam buku aset Desa, ketiga Sarana yang diperoleh karena hak asal usul dan tercatat dalam buku aset Desa, dan keeempat Sarana yang diperoleh dengan cara lain yang sah dan tercatat dalam buku aset Desa
  • Sarana air minum dan sanitasi yang sudah diserahkan/ dihibahkan oleh KKM/KPSPAMS kepada Desa, untuk keberlanjutannya merupakan Tanggung jawab Pemerintah Desa baik meliputi operasional, pemeliharaan maupun pengembangannya dengan sumber dana yang berasal dari APB Des

 

Sarana air minum dan sanitasi yang sudah diserahkan/ dihibahkan oleh KKM/KPSPAMS kepada Desa, untuk keberlanjutannya merupakan Tanggung jawab Pemerintah Desa baik meliputi operasional, pemeliharaan maupun pengembangannya dengan sumber dana yang berasal dari APB Desa.

Sarana air minum dan sanitasi yang bukan merupakan milik Desa yang dimaksudkan disini adalah sarana yang ada di Desa namun tidak dibangun, tidak dimiliki serta tidak dikelola oleh pemerintah Desa. Sarana air minum dan sanitasi yang dibangun melalui Program Pamsimas bukan merupakan milik Desa”, karena sarana tersebut diserahkan, dimiliki oleh KKM dan dikelola oleh KPSPAMS. Namun dalam perkembangannya sarana tersebut ada juga yang sudah diserahkan/dihibahkan oleh KKM/KPSPAMS kepada Pemerintah Desa

Desa tidak berkewajiban untuk membiayai pemeliharaan Sarana Air Minum dan Sanitasi yang bukan milik Desa, termasuk SAMS yang dikelola KPSPAMS secara mandiri.

Untuk sarana air minum dan sanitasi yang bukan merupakan aset Desa tetapi melayani kebutuhan air minum dan sanitasi bagi masayarakat di Desa, maka Pemerintah Desa dapat menjalin kerja sama dengan pemilik/ pengelola sarana tersebut

Peran Pemerintahan Kecamatan dalam Kerja Sama desa yaitu  fasilitasi kepada Pemerintah Desa dalam melakukan Kerja sama Desa untuk Kegiatan Air Minum dan Sanitasi sesuai ketentuan yang berlaku

Peran Pemerintah Desa dalam Kerja Sama Desa  yakni melaksanakan Kerja sama Desa untuk Kegiatan Air Minum dan Sanitasi sesuai dengan langkah/ tahapan yang diatur dalam Petunjuk Teknis Kerja sama Desa Untuk Kegiatan Air Minum dan sanitasi, membiayai program air minum, kesehatan dan sanitasi melalui APB Desa, dan membuat DU RKP Desa untuk kegiatan pembangunan SPAMS, untuk mendapatkan sumber pembiayan lainnya dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi, Pemerintah maupun Dunia Usaha

 

   

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke 54, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan upacara bendera.

 Upacara dilaksanakan  di halaman kantor Dinas PMD Provinsi Bengkulu  pada hari jumat tanggal 18 November 2022.

Bertindak sebagai inspektur upacara Sekretaris Dinas Bapak Agnes Fitriansyah, dengan komandan Kepala Subbag Umum Dwanda Ikbal.  Sebagai peserta seluruh ASN dan tenaga THL di lingkungan Dinas PMD.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Bengkulu yang dibacakan oleh Agnes tema peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu ke 54 tahun ini adalah “MASYARAKAT KUAT, BENGKULU HEBAT” tema ini mengandung makna dan memiliki pesan yang dalam, bahwa masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintah di Provinsi Bengkulu telah berjuang bahu membahu serta dapat bertahan dalam menghadapi cita-cita luhur kita menuju Bengkulu yang maju, sejahtera dan hebat.

 

 

 

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Bengkulu akan selalu hadir dalam setiap problematika kehidupan masyarakat. Dengan kebersamaan kita akan terus bangkit, bekerja keras utamanya mengatasi masalah pandemi covid 19 , kemiskinan dan pengangguran, infrastruktur serta perbaikan pada berbagai sektor.

Di akhir sambutannya Gubernur mengajak kita semua untuk memantapkan kebersamaan dan meneguhkan kegotongroyongan untuk bengkulu yang semakin maju, sejahtera dan hebat.    

Page 1 of 7

DPMD BENGKULU

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu
Jl. Cendana No.18 Bengkulu Tel.0736-21383
website: www.dpmd.bengkuluprov.go.id
e-Mail : dpmd.bengkuluprov@gmail.com

POWr Hit Counter

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree